Terus Istiqamah

Terus Bersabar, Istiqomah di atas Ketakwaan Ketika Tertimpa Musibah

———————

Allah menguji Nabi Yusuf dengan terpisahnya beliau dari keluarganya sejak Nabi Yusuf masih kecil. Beliau terpisahkan dari Ayahnya Nabi Yaqub tercinta, saudara kandung (seibu sebapak) beliau Bunyamin dan saudara-saudara lainnya.

Nabi Yusuf bersabar dan tetap bertakwa kepada Allah atas ujian yang diberikan. Tidak hanya setahun, dua tahun, namun berpuluh tahun Nabi Yusuf bersabar dan terus bertakwa.

Atas kesabaran dan ketakwaan inilah maka Allah kembalikan keluarga Nabi Yusuf sementara beliau duduk di atas singgasananya.

Allah yang mendatangkan keluarga beliau jauh dari padang pasir tepat di hadapannya tanpa perlu Nabi Yusuf bersusah payah untuk mencari dimanakah keluarganya berada.

Allah berfirman,

“ Dan sesungguhnya Tuhanku telah berbuat baik kepadaku, ketika Dia membebaskan aku dari rumah penjara dan ketika membawa kamu dari dusun padang pasir.” ( Yusuf : 100)

Sungguh ada ibrah (pelajaran ) yang sangat besar bagi kita, bahwasanya ketika Allah menguji kita , apabila kita bisa terus bersabar dan bertakwa ketika tertimpa musibah, maka Allah akan gantikan apa yang Allah ambil itu suatu saat kelak.

Bisa jadi Allah menguji kita dengan hilangnya harta benda kita ( Mobil, Motor, Uang dan semisal), apabila kita bersabar , terus istiqomah di atas ketakwaan, maka kelak Allah akan mengganti itu semua ke hadapan kita meskipun sudah berlalu puluhan tahun.

Atau Allah uji kita dengan meninggalnya buah hati kita, maka kelak Allah gantikan dengan yang lebih baik darinya .

Sungguh Allah itu Maha Baik, Dia tidak akan menyia-nyiakan kebaikan hamba-Nya yang bersabar dan bertakwa.

Allah berfirman,

“Sesungguhnya barang siapa yang bertakwa dan bersabar, maka sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik.” (Yusuf : 90)

Semoga Allah senantiasa menjadikan kita hamba-hambaNya yang senantiasa dapat mengambil pelajaran dari kisah-kisah yang Allah ceritakan di dalam Al Qur’an, menjadikannya sebagai petunjuk kehidupan kita , pelipur lara kita ketika tertimpa musibah.

Allah berfirman,

Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Qur’an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman. ( Yusuf : 111)

Dari status fb Akh Boris Tanesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s