My First Sitework, PLTA Maninjau

Untuk pertama kalinya saya ditugaskan di tempat saya bekerja untuk membangun system control di PLTA Maninjau, Sumatera Barat. Sesuai dengan namanya, tempat ini adalah pembangkit listrik dengan sumber listrik reservoir dari tenaga gerak air. PLTA ini sudah dibangun sejak zaman baheula (peresmian tahun 1983), dengan kapasitas 80 Megawatt, 4 turbine generator dengan kapasitas masing-masing 17.5 Megawatt.
MNJ Map
Tahap Engineering DCS (Distributed Control System) dilakukan di Jakarta sekitar 4 bulan, setelah melalui serangkaian test saya dengan team mengunjungi site Maninjau untuk melakukan pengerjaan sitework engineering disana, mungkin selama beberapa bulan. Sebetulnya saya sangat jarang pergi ke Sumatera, pertama kali ya ke Jambi, keduanya ke Sumatera Barat. Rasa penasaran dan antusias yang menggebu-gebu mendorong saya untuk lekas bisa bersilaturahmi ke tanah Minangkabau ini..

Mendarat di bandara Minangkabau yang baru, melewati kelok Ampek Puluah Ampek, menatap danau Maninjau yang hijau kebiruan, melihat bangunan rumah gadang di sepanjang jalan yang saya sangka rumah makan (di Jakarta sih biasanya RM hehe), gunung gemunung, hutan belantara, beserta kerbau-kerbau di sawah… tipikal pemandangan yang biasa ditemui di tanah Minangkabau ini.

PLTA pict

Akhirnya tibalah saya di site PLTA Maninjau ini, tempatnya tidak disamping danau; sekitar 4 km dari Intake (gerbang air) danau. Air dialirkan melalui terowongan yang menembus gunung untuk selanjutnya tenaga air akan bertemu turbin yang menggerakan generator 17.5 MW.

Selanjutnya ya saya akan melakukan instalasi, programming, pengerjaan system hardware..
I hope I can survive and everything can been done perfectly…

Leave a Reply

