Pengalaman Tes Kerja Yokogawa Indonesia

Yokogawa_repair_calibration

Kali ini saya mau berbagi tentang pengalaman mengikuti rekruitmen di salah satu perusahaan vendor instrumentasi & kontrol, PT Yokogawa Indonesia (also known with Yokogawa Electric Indonesia) untuk posisi Technical Trainee. Saya tahu Yokogawa dari beberapa peralatan dan software di Lab Kontrol. Di Indonesia Yokogawa banyak dikenal dari instrument DCS (Distributed Control System), PLC (Programmable Logic Control), atau Field Instrument di beberapa plant seperti oil&gas, petrochemical, power plant, pulp&paper, dan industri lainnya.

Technical trainee (TT) itu semacam program MT (Management Trainee)-nya di perusahaan-perusahaan lain yang dikhususkan untuk Fresh-Graduated, cuma bedanya kita bakal difokuskan pada kemampuan teknis di bidang instrumentasi & kontrol. Jurusan yang bisa apply program ini hanya beberapa saja, yaitu Engineering (Teknik Fisika, Teknik Elektro, Teknik Kimia, dll) dan Sains (Fisika & Kimia)….Ya karena pekerjaan yang dilakukan bakal banyak berhubungan dengan teknik instrumentasi & kontrol. Nah selepas lulus bulan Oktober 2014 saya apply via ITB career (karir.itb.ac.id), kemudian dapet panggilan tes awal November.

Rekruitmen dilakukan dalam sehari, sebelumnya kita dikenalkan tentang profil perusahaan, penjelasan program Technical Trainee, dan presentasi dari trainee yang ikut program ini di tahun sebelumnya..

Tes awalnya melewati beberapa tahap:

-Screening
Cuma isi identitas diri, lampirkan CV, copy ijazah, transkrip, atau sekiranya dokumen yang diperlukan.

-Psikotes
Lupa detailnya gimana, cuma disuruh isi beberapa soal yang menunjukan mana kepribadian yang paling sesuai (most) dan mana yang paling kurang sesuai (least).

-Intelegensia
Semacam tes hitung dan logika pake metode WPT (Wonderlic Personnel Test), ada soal sebanyak 50 dan kerjakan dalam waktu 7 menit. Singkat banget makanya harus cepet-cepet.

-FGD (Focus Group Discussion)
Setelah screening, psikotes, dan test intelegensia bakal diumumkan nama-nama yang lolos buat ikut FGD, Alhamdulillah nama saya masuk di daftar😀. Di FGD ini kita  dibagi menjadi kelompok pro dan kontra lalu diberi suatu isu untuk didiskusikan, waktu itu bahas tentang MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN).

Minggu depannya diumumkan yang lolos buat tahap wawancara dan presentasi di depan HR dan manajemen, Alhamdulillah saya lolos sampai sini. Kita dipanggil untuk wawancara langsung di Yokogawa office di Wisma Aldiron Jakarta Selatan (sekarang office-nya udah pindah ke Plaza Oleos Simatupang hehe). Kita diberi waktu sekitar 15 menit untuk presentasi TA kita lalu interview, semua in english. Kalo setelah ini lolos langsung medcheck deh.

And now, I am officially Yokogawa Technical Trainee :)

14 thoughts on “Pengalaman Tes Kerja Yokogawa Indonesia

  1. assalamualaikum. kang fahruroji, saya dapat panggilan untuk final interview. mau minta nomornya boleh kang? buat tanya2. saya alumni tf itb juga, diasistenin kang pukis. nuhun

    fahmy

  2. Kak mau nanya. Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk final interview? terus presentasi TA nya perlu alat seperti slide atau lisan aja. Bahasa yang digunakan untuk presentasinya inggris atau indo? Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s