Pengalaman Mengikuti Rekruitmen Halliburton

Menjelang berakhirnya status saya sebagai mahasiswa, saya nyobain melamar beberapa perusahaan lewat situs karir ITB, salah satunya oil&gas service: Halliburton. Sebulan kemudian dapet email, isinya saya diundang untuk proses rekruitmen di UI tengah Oktober 2014 ini. Berhubung proses rekruitmen nya bentrok dengan beberapa rangkaian kegiatan wisuda seperti tanda tangan ijzah, wis-night himpunan, ataupun gladi resik, terpaksa acara-acara tersebut saya tinggalkan buat ikut proses rekruitmen ini, ya at least masih bisa ikut acara wisuda intinya..

Berangkatlah saya ke UI Depok  setelah sebelumnya nginep dulu di rumah sodara di Bogor. Tempat tes diadakan di pusat studi Jepang, udah ada banyak fresh-grad dari setiap kampus menunggu, banyak wajah-wajah yang ga asing karena kira-kira sepertiga yang ikut rekruitmen anak ITB, ya salah sendiri lowongannya ditaruh di karir ITB haha..

Acara dimulai dengan perkenalan sejarah Halliburton yang asalnya perusahaan dari Amrik, kemudian pembicara yang sepertinya orang penting di Halliburton menayangkan video tentang pentingnya safety yang sudah jadi budaya perusahaan (maklum biasanya perusahaan minyak high risk & high cost). Di slide ditampilkan angka 24 dan 365 dengan size gede, sang pembicara tanya pada peserta angka apa ini? 24 adalah jumlah jam dalam sehari dan 365 adalah jumlah hari dalam setahun. Dan selama inilah proses di lapangan akan terus bekerja tanpa henti, begitu diterima kerja disini kalian jangan harap ada jadwal liburan yang pasti, bahkan seringkali ga bisa lebaran di rumah. Emang ga salah joke di kalangan engineer tentang perusahaan ini: Halliburton = Hari Libur Tetap ON.

Dalam rekuitmen sekarang dibuka 2 PSL (Product Service Line), yaitu wireline & sperry drilling. Setelah selesai pengenalan dibuka sesi tanya jawab. Ada yang lucu ketika pembicara bertanya apa hal yang dibutuhkan untuk bisa diterima bekerja di Halliburton? Ada peserta yang jawab skill, kemampuan bahasa inggris, komunikasi, passion, dll. Namun nampaknya si pembicara kurang puas dengan jawaban peserta, ada hal yang lebih penting lagi katanya: LULUS SELEKSI. Ya iyalah…pertanyaan jebakan ini namanya.

Akhirnya proses seleksi dimulai.

  1. Tes Tulis

Kita diberi waktu selama 1,5 jam buat ngerjain tes bahasa inggris, matematika, sama logika. Pertama tes bahasa inggrisnya mirip banget sama TOEFL ITP/PBT, ada isian untuk ngelengkapi kalimat, mencari kata yang salah, sama reading text. Soal matematikanya sederhana tapi butuh ketelitian sama kecepatan. Kemudian tes logika, ini yang lumayan sulit. Isinya teks panjang, kemudian ada pertanyaan logika seputar teks di atas. Oh iya semuanya in english.

  1. FGD (Focus Group Discussion)

Setelah siangnya diumumin siapa aja yang lolos tes tulis, akan diadakan FGD yang isinya 5-7 orang. Setiap kelompok diberi kasus kemudian ada pertanyaan berupa pilihan dari kasus tersebut, pake english juga ya tes nya. Waktu itu kelompok saya dikasih kasus tentang pembangunan pabrik di 3 kota, masing-masing kota ada kelebihan dan kekurangannya beserta nilai building cost dan distribution cost nya.

Tips untuk FGD dari yang sudah-sudah jangan cemas, tetap tenang, pro aktif, dan hargai pendapat orang lain. Mbak yang ngawasin FGD minta CV hardcopy kita, kemudian bilang pengumuman buat siapa aja yang lolos buat interview besok bakal diumumkan tengah malam. Tengah malam saya bangun, setelah berjuang dapet koneksi internet akhirnya saya dapet email dari HR Halliburton. Karena buka pake HP yang providernya lemot saya cuma bisa liat overview peserta yang diterima dari attachment nya. Ternyata ga ada nama saya. Besok paginya saya siap-siap pulang ke Bandung, begitu udah pamitan tiba-tiba teman ada yang ngasih tau kalo saya sebenernya masuk buat interview. Ternyata dalam file attachment nya masih ada nama-nama di bawahnya dan saya ga jadi pulang😀

  1. Interview HR dan User

Interview dilaksanakan di Hotel Kristal di Selatan Jakarta, kalo kata senior ini tuh hotel “jual diri” karena biasanya ada beberapa perusahaan yang suka ngadain interview disini, haha ada-ada aja.

Interview dilakukan 2 kali, dengan HR dan User. Interview dengan HR ditanya seputar kepribadian seperti nickname, siap kerja di remote area kah? Apa yang membuat siap? Subject yang paling disukai dan kenapa? Mau pilih PSL mana? Kenapa pilih PSL itu? Pengalaman organisasi atau penghargaan yang paling berkesan di kampus?

Setelah itu barulah interview dengan user. Waktu itu interview dengan user yang jumlahnya 3 orang user. Saya disuruh buat maju ke papan tulis tulisin dan jelaskan tentang TA kamu selama kurang lebih 5 menit. Ya saya jelasin gambaran umum TA saya sama skema dan objective dari TA ini. Setelah itu dikasih 2 soal, yang pertama tentang rangkaian listrik yang sederhana banget, disuruh mencari nilai arus dari suatu hambatan yang dirangkai seri dan paralel. Kedua, nilai gaya pada sistem hidrolik pake hukum pascal.  Disuruh jelasin juga sambil dikerjain. Baru kemudian user menanyakan kepribadian kita berdasarkan beberapa studi kasus.

—————————————————–

Setelah beberapa minggu menunggu, beberapa teman saya ada yang dapat kabar buat medical check-up. Namun saya sampai sekarang engga dapet kabar, ya mungkin ga cocok atau bukan rizkinya. Saya cuma bisa bertawakkal dan berbaik sangka sama Allah setelah sebelumnya menyempurnakan ikhtiar. Tapi terima kasih ya Halliburton buat makan siang enaknya!

5 thoughts on “Pengalaman Mengikuti Rekruitmen Halliburton

  1. Loh gan, agan langsung dipanggil untuk mengikuti wawancara HR dan usher yaa??
    padahal ane sama sama testnya bareng dan tempatnya sama. Maaf nih kalo boleh tau, agan dari jurusan apa yaa?
    Soalnya ane belum dapet undangan untuk mengikuti interview dng usher dan HR nya, masih belum turun jadwalnya, eheheh

    • Iya gan, begitu beres FGD malemnya langsung di email buat ikut wawancara. Saya kebagian wawancara 2 hari sesudah FGD..Saya jurusan teknik fisika gan..oh iya ikut rekruitmen yang khusus field engineer kmrn? setahu ane sih begitu FGD wawancara dgn user dan HR langsung sih di minggu itu juga.

  2. gan kok saya belum ada email buat ikut wawancara ya ? padahal saya lolos tahap 1 gan dan saya bareng sama agan tesnya karena tanggal dan tempat tes tahap 1 sama .

Leave a Reply

