Akibat salah masuk ruang ujian

Ketika sedang asyik-asyiknya berselancar di dunia maya, saya sempat mengakses email untuk melihat nilai akhir mata kuliah Kalkulus II dan sedihnya nilai yang saya dapatkan tidak sesuai dengan harapan. Segera saya mengirimkan email ke dosen yang bersangkutan, inilah kronologisnya:

Email dari saya untuk dosen:

Assalamualaikum wr. wb

Yth Bu Hilda.
Saya Muhamad Fahruroji (16710033) siswa Ibu di kelas Kalkulus-30 FTI. Saya mau mengajukan keberatan atas penilaian nilai akhir kalkulus.
Saya tidak mengikuti UTS I kalkulus karena izin dan ada izin sah dari LTPB sehingga saya harus mengikuti ujian reevaluasi.
Berdasarkan nilai yang saya dapatkan:
UTS I = tdk mengikuti
UTS II = 29 dari skala 54, atau 53,7 dari skala 100
PR & Quis = 9,11 dari skala 10
Ujian reevaluasi = 90 dari skala 100
sehingga perhitungan menurut silabus Kalkulus II adalah
NA = 0,85 * [0, 45 * (NU + NP) + (0,1 *  PKH) ]
NA = 0,85 * [0,45 * (53,7 + 90) + 9,11]
NA = 0,85 * [64.65 + 9,11]
NA = 62, 71
sedangkan nilai indeks saya adalah C, semestinya BC karena berada dalam rentang 57<NA<65
demikian, mohon penjelasan dari Ibu.
Wassalam.
Tidak lama kemudian dosen yang bersangkutan mengirim email ke saya:
Waalaikum salam Fahruroji,
Nilai kamu spt itu krn kamu salah masuk ruangan. Seharusnya kamu masuk di ruangan ujian PENGGANTI, bukan masuk di ruangan ujian revaluasi. Pembagian ruangan sudah diumumkan dg jelas.Soal ujian pengganti dan ujian revaluasi berbeda tingkat kesulitan maupun banyaknya soal.
Ujian pengganti secara signifikan lebih sulit dibanding ujian rev, dan soalnya lebih banyak.Dg kesalahan masuk ruangan ini, kamu tidak bisa lg masuk kategori ujian pengganti. Dg terpaksa kamu saya masukkan ke dlm kategori ujian revaluasi dg nilai maksimum C.
Masalah ini sudah sy bicarakan dg koord kalkulus, sebelum saya menilai ujian kamu.

Begitu ya, penjelasan tentang nilai akhir kamu.

Wass,
Hilda

Bingung campur kusut, ternyata saya melakukan kecerobohan fatal: salah masuk ruang ujian. Tapi yasudahlah.
Hikmahnya:
-Teliti ketika melihat ruang ujian
-Jangan terpengaruh teman, harus cek ulang
-Bersyukur, karena belum tentu jika masuk ruang ujian yang benar akan mendapat nilai yang bagus karena soalnya lebih sulit (lulus saja udah seneng)

Leave a Reply

