Journey: Singapore

Belum lama ini, paman saya dipindah kerja ke Singapura oleh perusahaan kerjanya (baca: maskapai Garuda Indonesia) dan yang enaknya saya dan sekeluarga diajak berkunjung kesana😀.

Waktu pun ditentukan, tanggal 20 November saya lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta ke Changi Airport, Singapura. Ternyata perjalanan udara hanya butuh waktu 2 jam saja :hammer dan untuk pertama kalinya saya naik pesawat dan pergi ke LN.

Begitu menginjakan kaki di negeri orang, saya seketika langsung merasakan atmosfer yang berbeda di Indonesia (tentu saja), mulai dari orang-orang dengan wajah dan bahasa yang berbeda serta bangunan dengan arsitektur yang beda juga.
Setelah keluar dari pemeriksaan imigrasi, paman saya langsung datang menyambut,”Akhirna nepi oge”, dan langsung diajak naik mobilnya ke apatemen.

Jalan-jalan di Singapur benar-benar tertata rapi dan sangat bagus; tidak pernah saya lihat ada lubang atau kemacetan yang parah seperti di Indo, apalagi pedagang kaki lima di sisi jalan, mobil pun jalannya mak nyos…

Sampai di Apartemen…

Di tempat yang bernama Cairnhill Plaza Apartment yang terletak di pusat kota saya seperti orang ndeso, ngan bisa culang-cileung siga jelema nu aya di pelosok kampung (geus teh kampung, pelosok deui) Garut datang ka Jakarta..ya namanya juga baru pertama kali.

Ada beberapa tempat yang saya kunjungi selama di sana:

-Orchard Road

Sebuah jalan raya yang terletak di jantung Singapura, di sisi kiri dan kanannya terdapat pertokoan/mall dan jalan pedestrian, menjadi pusat keramaian saat malam hari. Akses ke sana dari apartemen hanya tinggal jalan kaki karena dekat. Dan banyaknya orang Singapura di jalan ini, saya menyimpulkan kalau ternyata orang Singapura itu sangat sederhana, terutama kaum hawanya dalam berpakaian, bajunya cuma 20 cm di atas lutut dan 10 cm di bawah pundak, tidak seperti orang Indo ataupun di Timur Tengah yang bajunya boros-boros, wkwkwk.

-Chinesse Town, Bugis Street, Arab Street

Intinya sih pertokoan juga cuma disini harganya lebih bersahabat, eh iya nilai tukar mata uang: 1 dollar sing= Rp 7000-an

-East Coast

Pantai buatan(CMIIW!) yang terletak di timur Singapur, kenapa buatan?karena sebenarnya pantai ini pasirnya ngambil dari luar (mungkin dari Indo kali?) lalu di sebar aga daratannya tambah luas. Pantainya cukup bagus dan yang lebih bagusnya ada jogging track dan bicycle track di sisi pantai.

-Merlion

Merupakan lambang negara Singapur, hewan klonengan dari singa dan ikan. Barangkali inilah tempat yang wajib dikunjungi turis di Singapur, dulunya saya kira tinggi Merlion puluhan meter, tapi ternyata kurang dari 10 meter.

-Universal Studios

Mirip-mirip Dufan, hanya saja tempatnya lebih kecil namun fasilitasnya lebih bagus dan wah.

-Changi Airport

Ya iyalah…kalo ke Singapur pasti kesini dulu (kecuali pake jalur darat atau laut), interior bandaranya lebih baik dari Soetta.

But, it not just a journey..
Banyak hal yang bisa saya dapatkan, seperti mengapa Singapur yang jumlah penduduknya cuma 5 juta dan luas wilayah 710 km persegi (sebagai perbandingan luas kota Bandung 170 km persegi dan jumlah penduduk 2,4 juta) bisa menjadi sebuah negara yang berkembang pesat. Salah satunya adalah negara ini memiliki integritas, disiplin, dan etos kerja yang baik, meskipun dari segi sosial Indo masih lebih baik karena disana cenderung individual. Dan juga banyak info bahwa Singapur kenapa bisa maju karena didukung oleh gerakan konspirasi internasional(waduh!).
Mungkin negara inipun (dengan izin Allah tentunya) bisa dan terutami sim kuring nu masih keneh seueur kalepatan jeung kagorengan ieu.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaumitu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” QS 13:1

*eh iya, harus udah lancar bahasa Inggris nih!!

Bonus:

One thought on “Journey: Singapore

  1. You post interesting articles here. Your blog deserves much more
    visitors. It can go viral if you give it initial boost, i know very useful service that can help you,
    just search in google: svetsern traffic tips

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s