Melihat Bandung dari Puncak Tinggi

Ketika itu hari Kamis, 21 Januari 2010, saya dengan teman saya,kang Affan seorang mahasiswa geologi berencana untuk jalan2 alias mendaki gunung.Gunung yang akan kami daki adalah Gunung Burangrang yang ada di Kab. Bandung Barat (tetangganya G. Tangkuban Perahu)….tingginya sekitar 2064 meter, tujuannya sih ya buat cari jalan untuk kegiatan alam nanti, jalan2, dan yang ga blh terlupakan adalah mencari ridho Allah (emang ridho Allah ada di puncak gunung??,he2 pokoknya yang penting diniatkan secara benar).

Sebenarnya kami berdua masih seorang amatiran dalam dunia pergunungan, ga pernah ikutan pendidikan ngedaki gunung, bahkan kalo kami bisa nyampe tuh ke puncaknya bakal jadi gunung tertinggi yang pernah dicapai…Terus juga sih penasaran juga rasanya berada di puncak tuh seperti apa, sepertinya menarik sih.
Sekali-kali kalo cuacanya lagi cerah coba deh menatap ke arah utara, bakalan keliatan tuh G. Tangkuban Perahu kayak perahu terbalik dan kalo ngeliat ke sisi kirinya bakalan ada G. Burangrang (makanya disebut tetanggaan juga), betapa kota kita tercinta ini dianugerahkan alam yang begitu indah. Dengan persiapan yang seadanya berangkat weh…

Setelah perjalanan 1 jam dari Dago akhirnya nyampe di gerbang hutan, setelah ngurusin administrasi dan ngobrol2 dgn tentara (maklum di dkt gunung ada barak militer di Situ Lembang) kita nerusin aja jalan setapak ke atas dekat pos pertama.

Setelah dari pos coba ambil jalan setapak ke kiri…

Lumayan cape lah jalannya mendaki lagi sukar apalagi buat seorang amatir seperti kita ini. Konon katanya jika kita bisa sampe ke atas, bakal bisa ngelihat kota dengan begitu jelas…bayangin aja naik pesawat, saya jadi semakin termotivasi.

Hutan cukup rapat, jalan yang licin, terjal, banyak jurang menjadi menu utama kali ini, namun pemandangan yang begitu indah menjadi penawar perjalanan.
Terlebih lagi begitu ada di punggung gunung terlihat Situ Lembang, sangat menawan. Hati ini mengucap tasbih dan takbir melihatnya.

Hampir menuju puncak..melewati tanjakan-tanjakan ekstrim dan sekeliling yang ternyata adalah jurang (namun saat itu sedang ada awan lebat).
Menuju puncak sedikit lagi…
2 jam jalan akhirnya nyampe juga di puncak Burangrang, terdapat sebuah tugu setinggi 2 meter yang bertuliskan “Selamat datang di puncak burangrang +- 2050 mdpl, jelajah”.
Ternyata bener, kita bisa melihat Bandung dengan jelas dari sini,seolah-olah seperti dihamparkan. Terbayang kalo dulunya Bandung berupa sebuah danau, kota tampak seperti sebuah cekungan danau yang airnya di bendung oleh gunung2 di sekitarnya. Dari sini kelihatan kota beserta bangunan yang ada di bawahnya…menara Masjid Agung, menara BRI, dan segala bangunan2 yang udah tumpek dan padat, bener kata sebuah lagu Bandung heurin ku tangtung! (Bandung penuh oleh yang berdiri).Deretan pegunungan pun membentang, di sebelah ada G. Tangkuban Perahu & G. Masigit, di selatan berdiri kokoh G. Malabar, G. Tilu,& G. Patuha, di timur G. Manglayang(yang ini ga kelihat), dan di barat gunungnya ga begitu tinggi karena menurut cacatan sejarah kebumian di titik inilah danau Bandung bocor dan menjadi aliran sungai Citarum purba.
Melihat scenery ini jadi teringat lagu Bimbo yang judulnya “Balada Sekeping Taman Surga”,liriknya kayak gini…

Pesona hamparan penuh warna
Indahnya tiada terkira
Bukit, lembah, sungai, dan lautan
Bagai untaian permata

Hingga mereka menyebutnya
Sekeping taman surga
Yang ditempatkan di Bumi ini
Rahmat bagi mereka disana
Syukuri…(syukuri)
Surgamu…(surgamu)
Dan Bumimu…

Bagaikan dalam cerita lama
Bencana di Bumi ini
Sekeping taman surga telah berubah
Menjadi neraka dunia

Banyak anak bangsa menjadi durhaka
Menjarah segalanya
Bumipun telah hilang barokahnya
Bahkan membunuh masa depannya
Dirinya…(dirinya)
Anaknya…(anaknya)
Dan bangsanya…

Jadi ingin merenung, betapa sayang dan berdosanya bila bumi ini dipakai sebagai tempat untuk bermaksiat dan menentang aturan-Nya.
Perjalanan masih belum selesai…kita masih harus pulang…
“Jalan-jalan selagi bumi masih berputar”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s