Info Pendakian Semeru dari Bandung

Untuk mencapai pos pendakian Gunung Semeru bisa melalui 2 jalur, jalur Ranu Pane dan jalur Gunung Ayek-ayek, namun jalur yang paling umum dan paling aman adalah jalur Ranu Pane.

Jalur transportasi dari Bandung yang paling nyaman sbb:

-Naik kereta api Malabar dari Stasiun Bandung atau Stasiun Kiara Condong, harga tiket sekitar 120rb tergantung musim berangkat dari 2 stasiun itu sekitar jam 16.00. Eh iya tujuan kereta ke Stasiun Malang, mungkin nyampe pagi jam 8-10.

-Dari Stasiun Malang bisa nyarter angkot kalo banyakan atau ngeteng, pokoknya sampai ke Pasar Tumpang. Biaya sekitar 3rb-5rb lama perjalanan 1 jam kurang.

-Di Pasar Tumpang tepatnya di depan Alfamart kita nyari kendaraan jeep terbuka isi maksimumnya 15 orang (kalo penuh bisa desekan+gelantungan), biasanya sopir jeep buat sekali jalan mau dibayar 450rb, jadinya per orang 30rb. Kalo lebih sedikit orang berarti bayar lebih mahal, jangan lupa nego kalo bisa. Alternatif lain cari truk sayur yang mengarah ke Ranu Pane.  Jangan lupa bakal ada mas-mas yang ngurusin pendaftaran buat naik dan nanti di tengah jalan bakal berhenti di kantor Taman Nasional buat izin, siapin surat sehat, ktp, dsb.

-Perjalanan Pasar Tumpang-Ranu Pane sekitar 2 jam, jaraknya mungkin 30 km. Begitu sampai di resort Ranu Pane proses lagi perijinannya. Begitu beres baru bisa berangkat….

Dari sini petualangan dimulai, idealnya naik semeru bisa 3 hari 2 malam, bisa juga 2 hari 1 malam tapi itu udah cepet banget dan bakalan cape. Jalur utamanya Ranu Pane-Ranu Kumbolo-Kalimati-Arcopodo-Puncak Semeru. Detilnya sbb:

Ranu Pane-Ranu Kumbolo
Jalanannya landai dan tidak curam, kita cukup berjalan melewati alang-alang dan hutan bahkan di beberapa jalannya dilapisi paving block. Jarak tempuh 9,5 km memakan waktu 3-4 jam.

Ranu Kumbolo yang segar dan bersih

Ranu Kumbolo yang segar dan bersih

Ranu Kumbolo-Kalimati
Ranu Kumbolo memiliki ketinggian 2400 mdpl dan merupakan sebuah danau dengan air jernih yang cukup luas. Jarak tempuhnya 4,9 km dan memakan waktu 2 jam. Disela-sela perjalanan kita bakal melewati tanjakan 500 meter yang bernama tanjakan cinta dan padang sabana Oro-oro Ombo. Jalur masih landai kadang nanjak.

Oro-oro Ombo yang terbakar, pertengahan 2011

Oro-oro Ombo yang terbakar, pertengahan 2011

 

Masih Oro-oro Ombo yang terbakar, ah sayang!

Masih Oro-oro Ombo yang terbakar, ah sayang!

Kalimati-Arcopodo
Kalimati merupakan sebuah alun-alun luas yang tanahnya pasir halus dengan ketinggian 2700 mdpl. Biasanya pendaki nge-camp disini untuk summit attack ke puncak. Di daerah ini ada sumber air namanya Sumber Mani waktu tempuhnya 1 jam, namun baiknya air sudah diambil di Ranu Kumbolo. Summit attack idealnya dilakukan jam 1 dini hari, tenda dan logistik ditinggal disini. Yang dibawa ke puncak cuma daypack isinya makanan, minuman, barang berharga, pakaian hangat, senter, obat-obatan, ponco (optional karena malam jarang sekali hujan). Waktu tempuh Kalimati-Arcopodo 1-2 jam. Jalan mampus menanjak.

Arcopodo-Puncak Semeru (Mahameru)
Jarak tempuhnya 1,5 km berpasir dengan kemiringan 45-70 derajat dan waktu tempuhnya 4-6 jam tergantung kecepatan. Jalannya luar biasa mampus dan menanjak, bila kita jalan 3 langkah pasti turun 1 langkah. Membawa trekking pole dan gaiter akan sangat membantu. Hati-hati badai angin yang membawa butiran-butiran es dijamin suhu akan menjadi sangat dingin hingga mendekati 0 derajat (padahal normalnya 5 derajat). Pokoknya lapisan seluruh tubuh kalian sampai muka, kepala, telapak tangan, badan, kaki dengan rapat.

es

Bisa-bisa esnya nempel di rambut kayak temen saya ini

Mahameru dan Edelweiss

Mahameru dan Edelweiss

//

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s